September 12, 2006

dear diary...

Entah sejak kapan, gw ‘mengangkat’ diri gw jadi bendahara bersama. Setiap ada acara ulang tahun ato nikahan yang butuh saweran kado, gw selalu jadi tersangka yang bertanggung jawab pada setiap posisi berikut:
1. bendahara
2. tukang tagih
3. tukang nalangin, paling serem ketika di milis udah disepakati saweran bersama dan tiba2 telpon gw berdering, “fer... talangin dulu ya..”
4. purchasing officer, dan kadang kadonya gede dan ribet, untungnya untuk ini kadang ada asisten yang siap ngebantuin ;p
5. surveyor, nyari tempat beli kado dengan harga paling miring
6. tim kreatif milih kado (kadonya apa ya? ada ide ngga? si anu kan udah pernah dikasih, masak si ini sekarang sama kadonya? questions which are usually end-up with: terserah feri aja deh...)
7. tim kreatif mbungkus kado, well... mostly minta dibungkusin sih di tokonya ;p
8. tim kreatif acara, mikirin gimana cara ngasih kado biar surprising dan ngga basi; akhir2 ini sih gw keabisan ide, jadi basi juga ;p
9. pembantu umum, isn’t that obvious?!

Pada tahap awal, gw lakuin dengan senang hati dan tulus. Tapi, akhir2 ini, gw ngerasa capek sendiri. Kalo bukan gw yang mulai proaktif ngajakin saweran, maka ngga ada satupun yang kepikir mulai. Dan ketika akhirnya gw ‘terjebak’ dalam siklus yang sama, things are getting worse. I was left alone will all those responsibility (well... not all alone exactly, there are still 1 or 2 persons that I can forced to get involved with this mess). Tapi, gw ngga mau seterusnya maksa mereka ngebantuin gw, sementara yang lain tau beres. It seems not fair for them (yeah, like it’s fair for me...).

Pada puncaknya, gw mutusin ngga bakal terlibat lagi dalam urusan seperti ini. Terakhir kali gw terlibat, duit gw yang dipake buat nalangin beberapa orang ngga balik juga setelah sebulan lebih, padahal udah beberapa kali gw ingetin. Bukan masalah nilai duitnya, gw sih pasrah aja, kalo emang duit itu bukan rejeki gw, ya sudah, direlain aja. Gw pernah ngirim imel, gw tau imelnya dibaca (thanks to the magic of return receipt ;p), dan gw bilang kalo emang saking sibuknya ngga bisa ketemu ama gw buat bayar utang, ya sudah, sumbangin aja ke kotak infak dimana pun, tapi please kasih tau gw, supaya gw ngga su’udzon. Ngga bisa dihindari lagi to, bahwa besar kemungkinan gw su’udzon sama beberapa oknum. Setelah itu, ghibah. Ah... dia mah ngga amanah, ngga bisa dipercaya, utang duit ngga nyampe 30 ribu aja ngga beres2 juga!! Naudzubillah... ampunilah ya Allah...

Sekarang, sebulan setelah imel itu, baru satu orang yang bayar, dan yang lain, meskipun beberapa kali kita bertemu muka... a big NO. Kenapa ngga gw tagih aja langsung? Well... itu bakalan bertentangan ama prinsip gw tentang kedewasaan. Orang yang benar2 dewasa tahu gimana harus bersikap, paham konsekuensi dari setiap perbuatannya, dan bertanggung jawab. They need no one to tell them what to do. I don’t like if anyone try telling me what to do, I feel it like some kind of distrust to my competency. So, I treat them similar. As long as I had done my portion of responsibility; it is completely up to them. Do they want to act as grown ups or simply being a child. Being old is a certain, you can’t stop that wrinkles to curl; but being a grown up, is a choice. And I’ve made my choice.

3 Comments:

At 3:36 PM, Blogger [poer] said...

menjadi dewasa adalah sebuah pilihan jeng, dan justru karena dia sebuah pilihan, maka menjadi dewasa jg berarti kalau kita jg harus memaklumi kalau ada orang2 yg memilih pilihan yg berbeda dg kita :)

kapan ya aku bisa jadi dewasa [sigh...]

 
At 8:06 AM, Blogger ferislova said...

iya ko, maklum, makanya gw bilang jg selama gw udah melakukan tanggung jawab gw, ya udah, yang laen mah terserah, it's their choice, jangan sampe gw yang stres sendiri karena orang laen ngga ngelakuin apa yang menurut gw seharusnya dilakuin ;p

lo udah dewasa kalo lo udah bayar saweran2 bersama tanpa harus ditagih, hehehe..

 
At 1:06 PM, Blogger may hendrawati said...

gw mah dah lunas kan ya Jeng :)

 

Post a Comment

<< Home