February 22, 2007

How Batak Am I?

Gue inget pertama kali gue disangka Batak sejak memasuki jaman kerja adalah ketika gue jalan-jalan sendirian di Central Processing Area di minggu awal masa probation. Seorang bapak tiba-tiba dateng menghampiri dan nyalamin gue, “Horas Bah!! Ginting…” Kenapa sih ni orang?? Pasti karena muka gue nih… “Tapi saya bukan Batak Pak… Saya orang Jawa, asli…” “Oh… saya kira si orang baru yang Tampubolon itu…” Sejak saat itulah marga resmi gue dibukukan: Tampubolon. Setelah itu, setiap kali ketemu Pak Ginting ini, dia selalu ngajakin ngobrol tentang orang-orang Batak di perusahaan-eksplorasi-gas-yang-produksinya-bukan-yang-paling-kecil-di-Indonesia ini. Mule dari para VP sampe pekerja kontraktor, dia tau semua, kayanya dia punya database nya deh…

Ternyata sejak hari pertama gue kerja pun, temen-temen gue udah nyangka gue Batak. Mas Ikbal liat gue dateng bawa koper di lobby hotel: “Wah, anak baru nih, Batak…”. Bang Ona liat gue jalan ke kantor trus nanya ke Mba Desy, “ Eh, anak baru proses tu Batak ya? Boru apa dia?”. Bang Irwan nanya ke Mayin setelah dikenalin ke gue ama Putie, “Eh, anak baru itu adek kelas lo kan? Yang satu Batak, trus satunya lagi Jawa ya?”

Suatu malem gue pergi ama Billy ke rumah Pak Asep, ketua paguyuban Sunda se-Balikpapan. Pas dia nanya gue asli mana, trus gue pancing, “Keliatannya dari mana, Pak?”. Ngga make mikir, si bapak menjawab dengan mantap: “Batak!”.

Suatu malem gue naek angkot pulang ama May. Ngobrol-ngobrol, eh tau-tau bapak-bapak di sebelah gue nimbrung nanya ke gue. “Ehm… Mbak, dari Tapanuli ya? Logatnya mirip orang Tapanuli.” OK, sekarang ngga cuman tampang gue yang Batak tapi cara ngomong gue juga.

Dan terakhir, wiken kemaren waktu gue di bandara mau pulang ke Balikpapan. Tiba-tiba ada mas-mas nyamperin gue, “Tiketnya Mbak… Ke Medan? Saya ada nih…”

So tell me, how Batak am I??

1 Comments:

At 3:49 PM, Blogger KangBono™ said...

Lho, bukannya kamu memang ASLI Batak, Fer?

*ngibrit*

 

Post a Comment

<< Home